Monday, November 26, 2012

Insiden Vettel Sempat Bikin Newey Putus Asa

Adrian Newey (kiri) bersama Sebastian Vettel. (Foto: Reuters)
Adrian Newey (kiri) bersama Sebastian Vettel. (Foto: Reuters)

SAO PAULO - Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel akhirnya keluar sebagai juara Formula One (F1) 2012, setelah finis keenam pada perlombaan seri terakhir di Brasil. Namun, Direktur teknik Red Bull, Adrian Newey mengatakan bahwa ia sempat mengira Vettel gagal juara.
 
Kekhawatiran Newey muncul saat lap pertama, di mana terjadi insiden yang melibatkan beberapa pembalap, termasuk Vettel. Bahkan, setelah bertubrukan, mobil pembalap asal Jerman tersebut sempat berputar hingga berada dalam posisi wrong way.
 
Kendati terdapat beberapa kerusakan pada mobilnya, Vettel tak menyerah. Dari posisi buncit, ia berhasil menyalip lawan-lawannya hingga finis di posisi enam. Hasil tersebut membuatnya tetap unggul tiga poin dari Alonso -yang finis kedua- di klasemen akhir F1.
 
“Jujur, setelah (kejadian) di lap pertama, saya berpikir kalau segalanya berakhir. Saya sangat terkejut melihat apa yang terjadi dengan mobil. Sebastian (lewat radio) berkata kalau dia mungkin tak bisa melanjutkan perlombaan,” ujar Newey, seperti dilansir Crash, Senin (26/11/2012).
 
“Kemudian kami memotret mobil dan melihat kerusakan di mana-mana. Lebih mengkhawatirkan lagi, kondisi knalpot cukup parah. Normalnya, keadaan seperti itu akan menimbulkan api dan semuanya berakhir,” sambungnya.
 
Namun, Newey mengatakan bahwa Vettel masih mungkin untuk mengendarai mobil hingga lap terakhir. “Segala yang bisa kami lakukan adalah membuat knalpot sedingin mungkin. Jelas, hal tersebut sangat mempengaruhi performa, namun tidak sampai mengganggu keseimbangan mobil,” pungkas pria berusia 53 tahun tersebut.
 
Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut duet engineer-pembalap, Newey dan Vettel berhasil menjuarai F1. Red Bull sendiri memastikan diri menjadi juara konstruktor pada GP Amerika, pekan lalu. Di klasemen akhir, mereka unggul 60 poin dari pesaing terdekat, Ferrari.  
(dit)

No comments:

Post a Comment