Sunday, July 29, 2012

Pelatih: Siman Sudah Maksimal

Logo Olimpiade 2012. (Foto: Ist)
Logo Olimpiade 2012. (Foto: Ist)

JAKARTA – Perenang terbaik Indonesia, I Gede Siman Sudartawa gagal memenuhi ambisi untuk menembus babak semifinal. Namun, pelatih renang Albert C. Susanto sudah puas dengan performa Siman.
 
Siman yang turun di nomor 100 meter gaya punggung, gagal lolos pada babak penyisihan setelah hanya mampu finis di urutan ketujuh dari delapan peserta pada heat kedua. Siman hanya mampu mencatat waktu 55.99 detik di Aquatic Centre, Olympic Park, London, Minggu kemarin.
 
Tentu, hasil tersebut tidak sesuai dengan harapan pelatih, yang berharap mampu mencatat waktu di bawah 55 detik. Sementara itu, catatan waktu terbaik Siman di Kejuaraan Asia di Singapura adalah 55.39 detik.
 
"Kalau hasil memang kurang memuaskan, karena target awal kita memang rekor nasional, tapi cara berenang dia sudah benar itu yang penting. Kendalanya adalah suhu air kolam dingin, jadi Siman tidak dapat feel of water nya, suhu nya 25 derajat,” jelas Albert
 
“Siman selama ini hanya try out di kawasan Asia Tenggara saja, dan tidak pernah merasakan bertanding di suhu air se dingin ini walaupun memang standar FINA adalah 25-27 derjat. Selain itu juga pertandingan ini adalah pertandingan pertama buat Siman dengan lawan-lawan yang jauh lebih tinggi dan besar seperti Eropa, Amerika, Australia dll,” lanjutnya.
 
“Pengalaman Siman selama ini hanya melawan perenang-perenang Asia Tenggara. Jadi bagi saya, waktu yang dicapai Siman sudah cukup baik. Dia juga peserta termuda di nomor 100m gaya punggung ini,” tambah Albert.
 
Meski gagal memenuhi target, tapi menurut Albert, Siman sudah bangga bisa berlaga di Olimpiade. Sebab, peraih empat medali emas di SEA Games ini sangat bangga menjadi satu-satunya wakil renang Merah Putih di London.
 
“Tanggapan dari Siman, dia belajar dari pengalaman ini, dan berharap bisa mendapat kesempatan try out di luar zona Asia Tenggara, supaya lebih siap secara keseluruhan. Dia bangga bisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia di cabang renang dan satu-satunya wakil Asia Tenggara di nomor 100m gaya punggung ini, mudah-mudahan dia bisa lebih baik di kemudian hari,” tandas Albert.
(hmr)

No comments:

Post a Comment