Wednesday, August 29, 2012

"Federer, Nadal, dan Djokovic Mustahil Dikalahkan"

Novak Djokovic dan Rafael Nadal, penguasa tenis dunia saat ini/Getty Images
Novak Djokovic dan Rafael Nadal, penguasa tenis dunia saat ini/Getty Images

NEW YORK – Jo-Wilfried Tsonga dan Tomas Berdych memang ditempatkan sebagai unggulan kelima dan keenam di US Open, tapi mereka mengakui bahwa mustahil merebut gelar selama masih ada Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic. Ketiganya berada di level yang berbeda.
 
“Adalah bagus jika Anda bisa mengalahkan salah satu dari orang-orang ini; dua, itu luar biasa; tiga, untuk saat ini bisa dikatakan mustahil,” kata Tsonga seperti dikutip dari IOL.
 
Wajar Tsonga berpendapat seperti itu. Trio grand master tenis ini menyapu 29 dari 30 gelar grands slam sejak Rafael Nadal meraih titel Prancis Terbuka pertamanya pada 2005 lalu. Bila dirinci, Federer meraup 13 gelar, Nadal 11 titel, dan Djokovic lima trofi.
 
Hanya Juan Martin del Potro, satu-satunya petenis yang mampu menghentikan dominasi ketiganya saat menyabet gelar US Open dengan mengalahkan Federer pada 2009 lalu. Pada US Open 2012 kali ini, Federer pun ditempatkan sebagai unggulan teratas.
 
Berdych menilai gelaran grand slam hanya untuk tiga orang, Federer, Nadal, dan Djokovic. Mungkin hanya Andy Murray yang dapat mengganggu.
 
“Kejuaraan ini bukan untuk semua orang. Untuk saat ini, mungkin hanya untuk tiga orang. Itulah kenyataannya. Kita mungkin sedang berada di era terbaik dari olah raga ini,” ujar Berdych.
 
“Mungkin hanya Andy Murray yang mendekati ketiganya. Tapi dia juga berkali-kali kalah di final dan belum memenangi satu pun gelar grand slam,” sebut Berdych.
(auz)

No comments:

Post a Comment