Friday, August 3, 2012

Tim Dayung Jabar Berpeluang Sumbang Emas Pertama

Foto: Logo PON Riau (Foto: Ist)
Foto: Logo PON Riau (Foto: Ist)

BANDUNG - Perhelatan akbar multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 yang akan diselenggarakan di Riau, sudah semakin dekat. Dan cabang olahraga dayung baik nomor kayak maupun canoeing. berpeluang merebut emas pertama di laga itu.

Peluang tersebut berdasarkan jadwal sementara yang diterima tim Satuan Pelaksana (Satlak) Prestasi PON Jawa Barat, final pertama yang akan digelar pada 9 September 2012 adalah cabor dayung.

"Berdasarkan jadwal pertandingan dan final, nomor kayak di cabang dayung berpeluang menjadi peraih emas pertama. Dan tim kayak Jabar sangat berpeluang untuk meraih medali di sana," kata Sekretaris Satlak Prestasi KONI Jawa Barat Ferdian Yosef.

Menurut Yosef, untuk hari pertama cabang dayung itu mempertandingkan empat nomor final baik kayak maupun canoeing. "Saat ini baru 24 cabang olahraga yang sudah memastikan dan menetapkan jadwal pertandingannya, namun diprediksi dayung memang memperebutkan emas pertama PON," ungkapnya.

Yosep menilai, cabor dayung merupakan salah satu cabor andalan Jawa Barat, di mana pada PON XVIII di Riau menargetkan minimal meraih sembilan medali emas. Pada PON XVII/2008 di Kaltim lalu, Jabar menjadi juara umum untuk cabang dayung dengan meraih 12 medali emas sekaligus raihan medali terbanyak bagi cabang olahraga di Jawa Barat.

"Emas pertama ini sangat bergengsi, dan peluang itu ada bagi Jabar," ujar Yosef.

Manager yang juga kepala pelatih tim Pelatda dayung Jabar, Eti Kusmiati mengatakan, pihaknya sudah sangat siap untuk bisa meraih medali pertama bagi Jabar jika memang peluang emas pertama ada di cabor dayung.

Baik seluruh atlet, pelatih dan pengurus kata Eti sudah bersatu, dengan satu tekad dan kecintaannya terhadap olahraga dayung, timnya bertekad untuk menjadi yang terbaik di ajang PON XVIII 2012 tanpa ada unsur politik. Cita-citanya menjadi yang terbaik murni semata-mata olahraga dan menjunjung tinggi nama baik Jabar.

Pada PON yang akan datang, tim dayung Jabar awalnya mengemban target yang telah dicanangkan KONI Jabar sebanyak 12 medali emas, namun melihat peningkatan prestasi tim dayung target peraihan medali ditambah menjadi 14 medali emas.

Menurut Eti, sebenarnya peluang bagi cabor dayung sangat besar. Meskipun tidak bisa menjanjikan, namun dirinya tetap optimistis bisa mengakomodir target yang telah dicanangkan. Timnya akan berusaha mencapai prestasi terbaiknya untuk Jabar.

"InsyaAllah peluang untuk Jabar sangat besar, dan kami akan berusaha meraih target. Namun semuanya itu tidak terlepas dari kuasa yang Maha Kuasa, bahkan kami sangat bertekad untuk menjadi yang terbaik diantara yang baik dan menempati posisi puncak di PON mendatang,"tegas Eti.

Selain pada nomor kayak, cano, dan argorowing, tim dayung Jabar juga akan mengincar medali emas pada nomor perahu naga. "Di perahu naga peluang Jabar cukup terbuka, dan Insya Allah kami bisa meraih medali pada nomor itu,"singkatnya.

Keyakinannya itu bukan tanpa alasan, pasalnya tim dayung Jabar meraih dua medali emas pada  nomor perahu naga di kejuaraan dayung internasional di Teluk Bahang Dam Penang, Malaysia beberapa waktu lalu yang mempertandingkan 200 dan 500 meter perahu naga.

Kejuaraan itu dinilai Eti sangat bergengsi, karena melihat tim lawan yang turun pada saat itu yaitu dari South Afrika, Amerika, Australia, Korea, Singapura, dan dari propinsi yang akan menjadi lawan tanding di PON nanti ikut andil dalam kejuaraan tersebut.

Melihat prestasi tersebut dirinya semakin optimistis tim dayung Jabar bisa meraih prestasi tertingginya dan menjadi yang terbaik di ajang PON nanti.

Sementara itu Ketua Umum KONI Jawa Barat Azis Syarif menyatakan, ia dan jajaran KONI Jawa Barat akan menongkrongi final pertama cabang apapun, dalam hal ini cabang dayung.

"Saya akan datang dan tongkrongi final yang akan mencetak emas, termasuk emas pertama bagi Jabar. Saya akan bawa juga kunci rumah bonus untuk atlet itu," kata Azis Syarif.

Menurut Azis Syarif, emas pertama PON sangat strategis untuk memotivasi atlet-atlet lainnya untuk meraih pretasi emas lainnya. "Kami akan pastikan semuanya sesuai dengan rencana, dan saya yakin," singkatnya. (acf)

No comments:

Post a Comment