Saturday, August 25, 2012

Tujuh Gelar Tour de France Armstrong Dilucuti

Lance Armstrong (Foto: Reuters)
Lance Armstrong (Foto: Reuters)

LOS ANGELES – Juara tujuh kali Tour de France, Lance Armstrong, menyatakan dirinya berhenti untuk mengajukan banding atas tuntutan yang diajukan USADA (Badan Anti Doping Amerika Serikat).
 
Keputusan Armstrong tersebut berimbas pada tujuh gelar Tour de France yang diraih pembalap sepeda asal AS itu dicabut. Armstrong yang meraih gelar Tour de France dalam kurun waktu 1999 – 2005 juga kemungkinan terancam larangan ikut dalam kompetisi balap sepeda seumur hidup.
 
USADA secara resmi mengajukan tuduhan penggunaan doping kepada Armstrong dan bukan hanya itu, Armstrong yang telah pensiun setahun yang lalu juga dituduh melakukan konspirasi dengan mantan timnya untuk meraih gelar.
 
USADA mengaku memiliki sampel darah Armstrong pada tahun 2009-2010 dan sampel itu diklaim mengandung doping. Sementara itu, UCI (Persatuan Sepeda Internasional) meminta USADA menjelaskan secara rinci kasus doping yang melibatkan pria yang kini telah berusia 40 tahun tersebut.
 
Sebelumnya, Armstrong membuat pernyataan bahwa dirinya sudah lelah berjuang untuk membuktikan kepada USADA bahwa dirinya tak menggunakan doping ketika masih aktif sebagai pembalap sepeda.
 
"Ada satu titik pada setiap kehidupan manusia ketika dia harus berkata sudah cukup, semuanya sudah cukup. Bagi saya waktu tersebut adalah saat ini," ujar Armstrong, seperti dilansir Bike World News, Sabtu (25/8/2012).
 
USADA malah sebaliknya menganggap keputusan Armstrong untuk tak lagi melakukan banding adalah sebagai pengakuan bersalah dari pembalap sepeda kelahiran Texas itu terkait kasus doping yang dituduhkan kepada pria yang sempat menderita kanker testis ini.
 
(win)

No comments:

Post a Comment